Dakwahsunnah.com

Kajian Ahlussunnah Wal Jamaah

Allah Maha Pengampun

"SEBENAR-BENAR PUASA"

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَة قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّه - صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: "لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الْأَكْلِ وَالشُّرْبِ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهِلَ عَلَيْكَ، فَلْتَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ، إِنِّي صَائِمٌ".

Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bukanlah puasa dari makan dan minum, sesungguhnya puasa (yang sebenarnya) adalah dari Al Laghwu (Perbuatan sia-sia) dan Ar Rafats (perkataan kotor, atau perkataan yang berkaitan dengan pergaulan laki dengan perempuan dan seluruh kata yang mengandung syahwat), dan jika seorang  mencelamu atau mengajak bertengkar denganmu maka katakanlah: “Sesungguhnya aku seorang yang berpuasa, sesungguhny aku seorang yang berpuasa.” HR. Ibnu Khuzaimah.

 قَالَ جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ: «إِذَا صُمْتَ فَلْيَصُمْ سَمِعُكَ وَبَصَرُكَ وَلِسَانُكَ عَنِ الْكَذِبِ وَالْمَحَارِمِ، وَدَعْ أَذَى الْخَادِمِ، وَلْيَكُنْ عَلَيْكَ وَقَارٌ وَسَكِينَةٌ يَوْمَ صِيَامِكَ، وَلَا تَجْعَلْ يَوْمَ فِطْرِكَ وَصَوْمِكَ سَوَاءً»

Jabir bin Abdullah berkata: “Jika kamu berpuasa maka berpuasalah pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu dari dusta dan hal-hal yang diharamkan dan tingalkanlah menyakiti tetangga, dan bersikaplah penuh dengan wibawa dan ketenangan pada hari puasamu dn janganlah kamu jadikan hari berbukamu dan hari puasamu sama.” HR. Ibnu Abi Syaibah.

 

Kajian Streaming

Langganan Artikel

Masukan Alamat Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Pengunjung