Dakwah Sunnah | Kajian Ahlu Sunnah Wal Jamaah

BAHAYA SAFAR SENDIRIAN

 

Bismillah walhamdulillah wash shalatu wassalamu 'ala rasulillah wa alihi washahbihi wasallam.
Salah satu adab bersafar adalah bersafar dengan membawa kawan untuk menemani dalama safar (hm... terutama orang-orang sangat-sangat dicintai; seperti istri dan anak srta kerabat lainnya)
Manfaat jika bersafar dengan membawa kawan:
1 - lebih banyak pahalanya
2 - dapat menolong tatkala dalama keadaan sulit di dalam safar, kita tahu bahwa safar adalah sebagian dari siksa karen semuanya terbatas
3 - Lebih menjauhkan maksiat, terutama SYAHWAT HARAM
mari perhatikan hadits-hadits berikut:
عَنْ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنهما عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : ( لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي الْوَحْدَةِ مَا أَعْلَمُ ، مَا سَارَ رَاكِبٌ بِلَيْلٍ وَحْدَهُ ) رواه البخاري (2998) 
Artinya: "Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma berkata: "Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Jikalau manusia mengetahui bahaya di dalam bersafar sendirian sebagaimana aku mengetahui nisaya tidak ada seorang pengembara yanc berjalan di malam hari sendirian." HR. Bukhari, no. 2998.
2- عن عبد الله بن عمرو بن العاص أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ( الرَّاكِبُ شَيْطَانٌ وَالرَّاكِبَانِ شَيْطَانَانِ وَالثَّلَاثَةُ رَكْبٌ ) رواه الترمذي (1674) وقال حديث حسن . وحسنه ابن حجر في "فتح الباري" (6/53) والألباني في "السلسلة الصحيحة" (62)
Artinya: "Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu 'anhuma berkata: "Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Satu pengembara adalah setan, dua pengembara adalah 2 setan dan tiga pengembara adalah kumpulan pengembara (yang selamat)." HR. At Tirmidzi dan dihasankan oleh Ibnu Hajar (6/53) dan Al Albani di dalam kitab Silsilah (62).
Hadits-hadits diatas menunjukkan bahwa hukum BERSAFAR SENDIRIAN ADALAH MAKRUH.

Rabu, 6 Rabiuts Tsani 1435H, Kuala Lumpur
Ahmad Zainuddin Al Banjary

Langganan Artikel

Masukan Alamat Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Pengunjung