Dakwah Sunnah | Kajian Ahlu Sunnah Wal Jamaah

Hukum Seputar Basmallah ( بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ) (bag. 01)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ, الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ وَبَارَكَ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ, أَمَّا بَعْدُ:

Saudaraku seiman…

Di dalam tulisan berseri ini akan mengupas tentang seputar hukum yang berkaitan dengan ucapan بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ .

Ketauhilah hal-hal berikut:

  1. Tidak ada perbedaan diantara para ulama bahwa بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ adalah Al Quran Firman Allah Ta’ala
  2. Tidak ada perbedaan diantara para ulama bahwa بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ adalah bagian ayat di dalam Al Quran surat An Naml ayat 30. Dalil yang menunjukkan akan hal ini, Allah Ta’ala berfirman:

{ إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} [النمل: 30]

Artinya: “Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi) nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” QS. An Naml: 30.

  1. Tidak ada perbedaan diantara para ulama bahwa بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ adalah bukan ayat dari surat Taubah
  2. Tidak ada perbedaan diantara para ulama bahwa بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ adalah ayat yang telah dinukilkan penulisannya di dalam mushaf secara mutawatir
  3. Tidak ada perbedaan diantara para ulama bahwa بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ adalah ayat yang telah dituliskan antara dua surat di dalam Al Quran selain antara surat Al Anfal dan At taubah.

Abu Bakar Ahmad Al Jashshash berkata:

لا خلاف بين المسلمين في أن بسم الله الرحمن الرحيم من القرآن

“Tidak ada perbedaan diantara kaum muslim, bahwa بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ termasuk dari Al Quran”. Lihat kitab Ahkam Al Quran, 1/8-9.

Abu Bakar Muhammad Ibnu Al Arabi rahimahullah berkata:

قَوْله تَعَالَى : { بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ } . اتَّفَقَ النَّاسُ عَلَى أَنَّهَا آيَةٌ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ تَعَالَى فِي سُورَةِ النَّمْلِ

“Firman Allah Ta’ala: { بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ } manusia bersepakat bahwa ia adalah satu ayat dari Kitabullah Ta’ala di dalam Surat An Naml.” Lihat kitab Ahkam Al Quran, karya Ibnul Arabi, 1/2.

 Al Amidi rahimahullah berkata

الاختلاف فيما نحن فيه لم يقع في إثبات كون التسمية من القرآن في الجملة ... وإنما وقع في وضعها آية في أوائل السور

“Perbedaan yang kita perselisihkan di dalam tidak terjadi di dalam penetapan tentang status basmalah termasuk dari Al Quran secara umum…dan sesungguhnya perselisihan terjadi di dalam peletakkannya sebagai satu ayat di awal-awal surat.” Lihat kitab Al Ihkam, karya Al Amidi, 164.

 Abu Al Hasan Ali Al Mawardi berkata:

والبسملة بعض آية  في سورةالنمل إجماعا  ، فهي قرآ ن قطعا ، وليست في  أول براءة إجماعا...وأما حكم البسملة في غير ذلك ، فالصحيح الذي عليه أكثر العلماء ،  منهم : الإمام أحمد والإمام أبو حنيفة والإمام الشافعي : أنها قرآن.

“Dan ucapan بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ sebagian ayat di dalam surat An Naml secara Ijma’, maka ia adalah Al Quran secara pasti dan bukan awal surat dari awal surat Bara’ah (at Taubah) secara ijma’…dan adapun hukum بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ dalam selain itu, maka pendapat yang benar yang disebutkan oleh kebanyakan para ulama, diantara mereka Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah dan Imam Asy Syafi’ie:…Bahwa ia adalah Al Quran.” Lihat Kitab At Tahbir Syarah At Tahrir, 3/1368.

 

Bersambung insyaAllah…

 

Hukum Seputar بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  (bag. 02) – Apakah بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   ayat dari setiap surat yang diawali dari setiap surat.

Ditulis oleh Ahmad Zainuddin

Selasa, 7 Jumadal Ula 1434H, Dammam KSA.

 

Kajian Streaming

Langganan Artikel

Masukan Alamat Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Pengunjung