BAHAYA SAFAR SENDIRIAN

 

Bismillah walhamdulillah wash shalatu wassalamu 'ala rasulillah wa alihi washahbihi wasallam.
Salah satu adab bersafar adalah bersafar dengan membawa kawan untuk menemani dalama safar (hm... terutama orang-orang sangat-sangat dicintai; seperti istri dan anak srta kerabat lainnya)
Manfaat jika bersafar dengan membawa kawan:
1 - lebih banyak pahalanya
2 - dapat menolong tatkala dalama keadaan sulit di dalam safar, kita tahu bahwa safar adalah sebagian dari siksa karen semuanya terbatas
3 - Lebih menjauhkan maksiat, terutama SYAHWAT HARAM
mari perhatikan hadits-hadits berikut:
عَنْ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنهما عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : ( لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي الْوَحْدَةِ مَا أَعْلَمُ ، مَا سَارَ رَاكِبٌ بِلَيْلٍ وَحْدَهُ ) رواه البخاري (2998) 
Artinya: "Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma berkata: "Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Jikalau manusia mengetahui bahaya di dalam bersafar sendirian sebagaimana aku mengetahui nisaya tidak ada seorang pengembara yanc berjalan di malam hari sendirian." HR. Bukhari, no. 2998.
2- عن عبد الله بن عمرو بن العاص أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ( الرَّاكِبُ شَيْطَانٌ وَالرَّاكِبَانِ شَيْطَانَانِ وَالثَّلَاثَةُ رَكْبٌ ) رواه الترمذي (1674) وقال حديث حسن . وحسنه ابن حجر في "فتح الباري" (6/53) والألباني في "السلسلة الصحيحة" (62)
Artinya: "Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu 'anhuma berkata: "Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Satu pengembara adalah setan, dua pengembara adalah 2 setan dan tiga pengembara adalah kumpulan pengembara (yang selamat)." HR. At Tirmidzi dan dihasankan oleh Ibnu Hajar (6/53) dan Al Albani di dalam kitab Silsilah (62).
Hadits-hadits diatas menunjukkan bahwa hukum BERSAFAR SENDIRIAN ADALAH MAKRUH.

Rabu, 6 Rabiuts Tsani 1435H, Kuala Lumpur
Ahmad Zainuddin Al Banjary